Cara upload plugin wordpress ke website atau web hosting?

Cara upload plugin wordpress ke website atau web hosting? – Bagaimana cara upload plug in wordpress ke website atau web hosting? Kita sering kali mendengar pertanyaan itu. Sebelum itu, kita akan bicara terlebih dahulu mengenai plug in. plug in ini merupakan sebuah fitur yang digunakan untuk menambah kinerja dari sebuah web atau halaman.

Fitur tambahan ini dapat digunakan dengan cara digabungkan ke dalam web yang dituju, misalnya wordpress atau Mozilla. Pada halaman wordpress, plug in ini memiliki beberapa jenis, misalnya plug in untuk peningkatan jumlah pengunjung, plug in untuk indek google, plug in untuk pembuatan pooling, dan lain sebagainya.

Cara upload plug in wordpress ke website atau web hosting memang agak sedikit rumit, namun dengan ditambahkannya plug in ini blog kita akan semakin bertambah kinerjanya. Akan tetapi, apabila kita terlalu banyak menggunakan plug in, ini juga akan menimbulkan efek negative pada blog kita, yaitu blog akan menjadi berat dan loadingnya pun akan terlalu lama ketika diakses oleh pengunjung.

Berikut ini adalah langkah cara upload plug in wordpress ke website atau web hosting (dalam langkah ini kita akan mengupload plug in gallery yaitu Nextgen Galery):

  1. Silahkan log in ke cPanel lalu pilih menu File Manager kemudian pilih Go.
  2. Kita akan menemukan wp-content, lakukan double klik pada bagian ikon folder yang ada di depannya.
  3. Kita akan menjumpai plugins, dan beri double klik pada bagian ikon foldernya.
  4. Jika sudah ada di dalam plug in, klik pada menu upload.
  5. Pilih file yang akan diupload, yaitu Nextgen Galery
  6. Tunggu proses selesai, lalu kembali ke menu File Manager
  7. Pilin menu Reload hingga keluar file ZIP yang diupload tadi.
  8. Klik File ZIP, lalu diextract dengan memilih menu Extract File (s)
  9. Jika proses sudah selesai, segera pilih menu close.
  10. Kembali lagi ke menu Reload dan file yang kita upload pun sudah terbaca.

Itulah cara upload plug in wordpress ke website atau web hosting. Mengingat bahwa penggunaan plug in yang berlebih akan membawa efek buruk pada blog kita, yaitu akan berat dan loadingnya lama ketika diakses, maka sebaiknya kita tidak terlalu banyak mengupload plug in. Sebaiknya pilihlan plug in yang memang benar-benar penting dan bermanfaat bagi blog kita, sehingga kinerjanya tetap bagus namun tidak terlalu standar.

Baca Juga : Cara Membuat Heading Tag h1 h2 h3 Pada Blog atau Website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *